Ulasan Sony Xperia V

Sony Xperia V adalah ponsel yang menawarkan teknologi LTE namun sayangnya ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang singkat. Ponsel yang diberi julukan “Bond phone” di Singapura ini memiliki sifat tahan terhadap air dan debu.

Desain

Kita akan mendapatkan kesan yang positif saat pertama kali melihat ponsel ini. Material seperti plastik digunakan pada kover belakang sehingga ponsel ini dapat kita genggam dengan baik dan nyaman. Ponsel ini juga cukup ringan sehingga kita merasa seakan tidak sedang menggenggam sesuatu di tangan kita.

Ponsel ini memiliki layar 4,3 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan memiliki teknologi Sony’s Mobile Bravia® Engine 2. Kita akan menyukai tampilannya yang cerah walau fitur auto-brightness tidak optimal, namun kita dapat mengaturnya secara manual.

Xperia V mengadopsi Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) dan kita dapat meng-update-nya menjadi Android 4.1 (Jelly Bean). Sony juga telah melakukan sedikit tweak pada tampilan layarnya dengan memberikan tombol menu, mengingat ponsel ini tidak memiliki tombol menu secara fisik. Tombol volume dan tombol power berada pada sisi sebelah kanan ponsel. Tidak seperti Xperia S, ion, dan acro S, Sony Xperia V tidak memiliki tombol kamera secara fisik.

Fitur

Xperia V adalah ponsel yang memiliki sifat tahan air dan debu dan mendapat peringkat IP57, yang berarti bahwa kita dapat merendamnya di dalam air pada kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit tanpa khawatir ponsel tersebut rusak. Seperti yang dikatakan orang banyak bahwa kita dapat menggunakan ponsel ini saat mandi. Namun kami tidak menyarankan hal tersebut karena kita dapat membuatnya terjatuh. Sebagai catatan bahwa Xperia V tidak tahan terhadap guncangan yang keras.

Seperti ponsel pintar lainnya, Xperia V memiliki Bluetooth, Wi-Fi, HSPA, A-GPS, dan LTE. Ponsel ini juga memiliki RAM sebesar 1GB dan kapasitas penyimpanan data internal sebesar 8GB.

Kita akan dibuat penasaran dalam mengetahui kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera 13 megapikselnya. Kabar baiknya adalah shutter kameranya cepat dan warna yang dihasilkannya pun sangat akurat. Kabar buruknya adalah masih banyak noise walau gambar yang diambil dalam pencahayaan yang cukup terang.

Performa

Ponsel ini didukung dengan hadirnya prosesor dual-core 1,5Ghz dari Qualcomm Snapdragon, maka kita tidak perlu khawatir karena ponsel ini sangatlah responsif. Namun hal tersebut tidak sebanding dengan baterai yang ditawarkan. Baterai sebesar 1.750mAh dikhawatirkan tidak mampu melewati keseharian kita. Kita dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan power bank.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s